Jumat, 26 April 2013

IBADAH KOK RIYA? yang suka puasa senin kamis MUST READ :)

Assalamu'alaykum Warrahmatullahi Wabarrakatuh

Bismillahirrahmanirrahim


Kali ini gue bakalan berbagi tentang "Sia sia gak sih ibadah Sunnah lo selama ini?"

Sebenernya udah lama banget gue mau posting tentang ini, sering kali gue juga nge-tweet tentang hal ini, mau tau tentang apa ?
Lanjut aja dulu bacanya.

Well, acap kali gue liat di BBM/Twitter/Facebook  banyak orang ngepost tentang ibadahnya dia, paling sering sih tiap hari Senin dan Kamis, entah itu si A atau si B, si C sampe si Z yang jelas sudah banyak kasus seperti ini.

Sekitar 80% pasti selalu liat tweet atau status mengenai Puasa ntah itu saat Saur, Siangnya, Sorenya, atau bahkan saat buka puasa, atau ada juga yang saat Qiyaumul lail juga ada aja loh yang update. Astagfirullah hanya si Fulan dan Allah yang tau maksudnya di update itu apa :')

Iseng iseng search di Twitter karna ingin membuktikan buat yang gak percaya dengan apa yang gue bicarakan saat ini alias gue gak mau dikatain HOAX jadi gue search dengan 'key word 'Alhamdulillah Puasa' , dan ketika ku klik enter.... and than... 

jreng jreng jreeeeeng 




Contoh 1

Contoh 2

Contoh 3

Cukup segitu aja kali ya contohnya, kalo misalkan gue upload semuanya nanti malah ajang kontes foto puasa pulak *DEM!!*
Nah buat kalian yang suka update status kaya gini, coba coba tanya sama hati kecil lo, maksudnya apa ya ?

Pertama, kalo lo update itu hanya sekedar menambah jumlah tweet atau mengisi status facebook lo yang kosong seperti hati lo belum juga ada yang ngisi *tsaahhh*
Mendingan lo jangan pernah lagi deh update kaya gitu, daripada nanti tergolong ke dalam Riya? hayo ? milih mana ?

Kedua, kalo lo mau ngingetin followers atau temen lo di Facebook mendingan pas malemnya aja ingetin jangan pas puasanya.
Misalnya "Sesungguhnya melaksanakan puasa Senin Kamis itu adalah Sunnah" / "Yang biasa puasa sunnah jangan lupa tuh besok hari Senin/Kamis" Intinya jangan update pas senin/kamis nya.
kalo lo ngingetin pas puasanya mah sama aja boong kan ? gak mungkin kan orang lain juga ikutan puasa pas siang siang bolong ? :)))

Ketiga, kalo lo niatnya buat supaya orang lain tau kalo lo lagi puasa.
BURUAN!! BURUAN TOBAT!!! seriusan deh, karna lo udah terjerumus sama namanya sifat Riya.
Sayang kan kalo puasa lo itu cuma mendapat lapar doang ?

"Lo dari tadi ngomongin Riya Riya mulu, emang si Riya itu siapa sih?"
Riya’ semacam makanan yang enak banget saat lapar."
pppffftttt *gagal fokus*Just Kidding 
"Riya' itu melakukan ibadah karena ngarepin diliat manusia supaya mendapat keuntungan darinya (pujian dan penghormatan)”  kalo kata bahasa gaulnya mah PENCITRAAN!!! JELAS??

Masih banyak lagi dalih mereka yang suka update status saat puasa, dan saatnya kita mendoakan mereka supaya ibadah mereka diterima :) *Al-fatihah*
Yang perlu kalian inget, gue gak maksud menggurui karna gue mau kalian itu PURE ibadah alias ibadah dengan ikhlas, sekali lagi 'IKHLAS', sekali lagi IKHLASSSSSSS!!! sekali lagi  UDEH AH CAPEK!!!
kalopun lo gak update juga gak bakalan batal kan puasa lo? Ilmu agama gue emang masih cetek banget, dan masih harus terus belajar, semakin banyak gue baca buku semakin ngerasa bodoh pula gue. Gak percaya ? makanya baca buku!!! Hahaha

Eh By the way pernah kepikiran gak kalo mereka bisa update tentang puasanya, gue sempet kepikiran saat mereka update sholat. Do you think the same as me ?
coba bayangin saat mereka lagi sholat mereka update
"Lagi sholat nih rakaat kedua. *pencitraan* "
Aaaaaaaakkkkk bunuh aja deh bunuuh, bunuh gue sekarang jugaaaaaaaa!!!!! *nyemplungin diri ke kolam susu*


Dan sering setiap Senin/Kamis juga gue mention Mba Nchuz atau sebaliknya yang kira-kira seperti ini

"Mba gimana puasanya ? lancar ? kok tumben gak update?"

dan kalian harus tau kalo si mbak Nchuz ini gak pernah update, cuma kami berdua memang sedikit kasian kalo ada manusia manusia di Time line yang menggembar gemborkan ibadahnya.
Mbak Nchuz pun menjawab mention gue

"Beuuuh lancaarr doong pastinya, kita yasinan juga yuk biar afdol puasa kita."

dan bla bla bla yang sebenarnya hanya pembicaraan yang tabu tentunya layak untuk diperbincangkan *tsaahhhh
hahaha
Mbak Nchuz ini memang selalu sehati kalo perkara memusnahkan sifat sifat Riya

NEXT!!! cukup kita berbasa basi dalam pembukaan yang ringan, mari kita serius dan pelajari lebih dalam.

Pernah baca buku dan ada Hadist Riwayah yang kurang lebih bunyinya seperti ini:

“banyak seseorang yang bangun (beribadah pada malam hari) tak lebih ia hanya mendapat begadang (mengantuk saja) dan berapa banyak seorang yang berpuasa bagian dari puasanya hanya mendapat lapar dan dahaga saja"

Ada yang sudah pernah mendengar atau membaca Hadist yang kurang lebih seperti ini ?
Disini gue coba ulas sedikiiiiiiitttt saja mengenai Hadist di atas karena ilmu gue yang kurang, hanya ingin memaparkan saja (Correct Me If I'm Wrong)
Jadi gini, saat lo berpuasa tapi lo Riya? Semua pahala yang lo dapet itu bakalan hangus, ya! HANGUS!!!
duuuhhh ciyaaannn....
Jika lo belum tau hal ini semoga ibadah lo tetep diterima dan JANGAN DI ULANG!!! 


Pernah denger sebuah kalimat
"Ketika kita beramal, dan tangan kiri jangan sampai mengetahui apa yang dikerjakan oleh tangan kanan"

Nah!, itu sebenarnya hanya sebuah perumpamaan saja, jadi semisal lo lagi beramal jangan sampai ada sifat Riya'.
Gak boleh sesumbar, yang namanya amal itu kan ibadah , yang dalam artian hanya hubungan Vertikal antara Tuhan dan hambanya atau sebaliknya.
Namun kenyataan yang harus kita telan pahit-pahit ketika manusia sangatlah sulit untuk tidak sesumbar. DUH!!! MIRIS!!!
Buat buat yang sekarang udah baca, semoga gak di ulang yaa. 

                                      

Jadi? sama halnya dengan Puasa Sunnah dan Tahajud itu hanya Tuhan dan lo aja yang tau.
Sejatinya manusia itu gak akan pernah ada yang mau kan kalo ibadahnya di umbar?
Namun sedihnya ketika sebaliknya, manusia senang sekali kalo ibadahnya di umbar-umbar (Ucapkan : Astagfirullah)


Masih kurang juga pembuktiannya ?
Nih baca yang ini yaa :

Allah Ta’ala juga berfirman: “Janganlah engkau semua membatalkan sedekah-sedekahmu semua -yakni menghapuskan pahala sedekah-sedekah itu- dengan sebab mengungkit-ngungkit -membanggakan kebaikan daripada orang yang diberi- serta menyakiti hati. Orang sedemikian ini adalah sama dengan orang yang menafkahkan hartanya semata-mata karena hendak berbuat riya’ kepada para manusia,” sampai habisnya ayat. (al-Baqarah: 214)

Ada kisah lagi, dulu waktu jaman jamannya SD itu ada Sinetron Religi kalo tiap puasa (eh tapi kayaknya minggu juga ada sih) yang judulnya "Lorong Waktu" .
Ada yang masih inget ? atau udah lupa ?
Itu looohhh yang ada anak kecil namanya Zidan, terus H. Husin, terus yang ada si jambrong, Sabrina dan lain lain pokoknya. Udah inget ? Kalo gak inget juga, yaudah gak usah dipikirin nanti sakit lagi *evil laugh* 


Jadi gini, pernah suatu episode yang ceritanya ada 3 pemuda pesantren yang disuruh sama Guru nya, mereka bertiga disuruh nyembelih seekor ayam.
Masing masing dibawakanlah 1 ekor ayam, dengan syarat ketika nyembelih ayam tidak ada ada satupun makhluk yang mengetahuinya.
Singkat cerita ketiga pemuda itu dikumpulkan, yang pada intinya kira-kira percakapannya seperti ini nih:

Guru: Jelaskan dimana kalian menyembelih ayam itu, dan alasannya mengapa kalian memilih tempat itu?

Pemuda 1 : Aku menyembelih ini di kamar, saat tidak ada seorangpun di rumah. *sambil tersenyum*

Pemuda 2 : Lebih hebat aku, aku menyembelih ini di atas pohon yang tinggi, otomatis gak ada yang liat aku dong di atas. *sumringah*

kemudian Sang Guru pun bertanya kepada pemuda ketiga "Lalu? mengapa kamu tak menyembelih ayam yang kamu pegang?"
Pemuda ke-3 : Aku tak kan pernah mampu menyembelih ini karena Allah selalu melihatku. jadi walaupun aku menyembelih ini dilubang semut sekalipun Allah Allah tetap dapat melihatku.

Kedua pemuda yang lain pun terbengong-bengong, sementara Guru nya tersenyum lebar kemudian menjelaskan yang kira-kira seperti ini:

"Yaa. memang benar, kalian harus selalu ingat bahwasannya kita selalu berada dalam pengawasan Allah, apapun yang kita lakukan Allah selalu mengetahuinya. Sekiranya kita berbuat buruk kita harus ingat bahwa Allah melihat keburukan kita. dan kiranya kamu berbuat baik, tanpa perlu di umbar pun Allah akan mengetahui apa yang telah kita perbuat"

Kurang lebih cerita si 'Lorong Waktu' itu seperti yang gue ceritakan di atas, dan coba mari kita sama sama intropeksi diri :)

Eeemmmhhh Sepertinya cukup sudah pembahasan kali ini, gak banyak yang bisa gue sampaikan.
Yang perlu kalian ingat, gue hanya mengingatkan, gak maksud menggurui.
Bukankah sesama umat islam harus saling mengingatkan ?
Jika tidak terima diingatkan, tolong jangan mencibir gue karna sesungguhnya ketika lo mencibir saat itu pula dosa lo bertambah. hihihihi


Gue tau, manusia sulit sekali jiga dikoreksi, tetapi sebaliknya manusia akan senang sekali mengoreksi orang lain.
Maka dari itu saat dikoreksi jika tidak terima, tolong abaikan dan jika terima tolong perbaiki.

Sesungguhnya kekurangan ini adalah memang milik gue sepenuhnya :(
Afwan jika ada kata-kata yang kurang berkenan dihati kalian semua.

Terima kasih udah baca :)
Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamu'alaykum warrahmatullahi wabarrakatuh.

By: Dindahiin

NB: Tulisan ini disponsori oleh Mba Nchuz

8 komentar:

  1. Wakakakakk....
    Iya ya anak zaman sekarang...
    Gw aja yg tiaphari pergi haji gak pernah sombong...

    BalasHapus
  2. subhanallah ilmu yg bermanfaat

    BalasHapus
  3. Waaa.. Persis banget tuh. Tmen q jg ada ky gitu, cm udh bbrpa x aq cb pringatin, ga mempan.

    BalasHapus
  4. Terimakasih ini bermanfaat bgt bagi saya

    BalasHapus