Jumat, 01 Januari 2016

Sensasi Naek Gunung Andong

Selamat siang semuanya
Okey kali ini gue bakan cerita tentang pengalaman gue saat minggat ke Gunung Andong dan bakalan nyeritain sensasi naik Gunung Andong.
Ngapain, Dok?
Main aja sih sebenernya, tapi disaat orang-orang ribut menyebut dirinya pendaki pemula justru gue malah lebih cocok seperti orang minggat. Ajegileee
Hahaha



Barang bawaan gue saat naik Gunung Andong adalah:

1. Kancut

Barang satu ini gak mungkin lah ketinggalan yekan, namanya mau nginep pasti bawa ganti, masa gue ganti pake plastik kresek yang dibentuk kancut.




2. Minum & Makanan
Gak terlalu banyak gue bawa minum soalnya gue sebelumnya nanya ke temen gue yang udah pernah naik gunung katanya cukup bawa Air yang besar (berapa liter sih? 1,5 liter ya kalo gak salah? Nah sama 1 botol minum gue yang sedang. Ternyata cukup juga buat bolak balik selama perjalanan. Yang pasti gue gak mungkin bawa 4 sehat 5 sempurna, gue bukan mau piknik tapi mau mendaki.



3. Peralatan Tempur
Ini dia yang bikin gue seperti mau minggat, gue bawa  Minyak GPU, Salonpas, Counterpain, Minyak Kayu Putih, dan Hot Cream. Kenapa sebanyak ini? YES! Gue bongkar lagi rahasia dibalik kekuatan si kodok selama ini. Bagi sebagian orang yang udah pernah baca cerita di blog gue mungkin udah tau kalo gue ini salah satu spesies yang alergi Dingin Alam. Ntah alergi ataupun Phobia gue juga kurang paham yang jelas tiap kali gue kedinginan gue pasti muntah-muntah yang super lebay. Jangankan naik gunung yang suhunya super dingin, gue kalo mandi pagi dari jam 4-6 pagi aja masih aja ritual muntah-muntah itu sering terjadi. 
Selain penghangat yang gue sebutin tadi juga, gue bawa selimut guys! Yea, selimut tebel yang biasa di pake di kost kalo lagi kedinginan. Lengkap sudah lah pokoknya 

NEXT! Okesip tadi itu perlengkapan gue untuk minggat ke gunung. Kali ini gue bakalan ceritain gimana ceritanya gue bisa sampe di atas plus sensasi naek Gunung Andong.

Selama perjalanan gak ada yang aneh alias normal-normal aja seperti manusia pada umumnya. Gue seneng, girang, sumringah sekaligus ketar-ketir takut kedinginan saat itu.

Gue dan kawan-kawan start dari kontrakan jam 3 sore padahal janjiannya jam 1, yah udah biasa buat orang Indonesia kalo gak ngaret gak asik gitu ya kayaknya. Sepanjang perjalanan gue berdoa agar nanti malem gak kedinginan, gue takut lagi lagi gue teringat seorang siswa yang tewas saat mendaki karena terserang Hipotermia, Alm. itu adalah adik kelas teman gue sendiri. Maka dari itu gue sebagai spesies yang memiliki alergi dingin juga merasa ketakutan.

Sesampainya kami di posko (kaki gunung) kami melangsungkan sholat Maghrib sekaligus Isya, gue yang kebetulan lagi Haid sibuk dengan ritual perut kram, gue tau kalo gue Haid saat perjalanan udah hampir sampai. Kalo tau gitu kan gue gak mau ikutan, secara gue kalo lagi 'dapet' kerjaannya nangis sambil guling-guling di kasur sangking nyeri nye. Jangankan naek gunung, kuliah aja gue bolos kok kalo baru mulai 'dapet'. Apakah gue akhirnya jadi naek gunung ampe atas? cuss baca aja dulu~

Dengan segala pertimbangan akhirnya gue tetep melanjutkan perjalanan, gue yang selama sebulan terakhir gak pernah olah raga ternyata membuahkan hasil saat naek gunung. Yups! Gue ngos-ngosan padahal belum ada 1km perjalanan naik, dada gue udah panas, kaki gue nyut nyutan, berasa semua baut yang terpasang pada tubuh gue pada copot. (Ini gak lebay)
Akhirnya gue meminta untuk berhenti dulu karena gue belum pintar ngatur nafas.

Ditengah perjalanan tepatnya ditengah-tengah gunung beberapa orang nampaknya udah mulai lelah, apa lagi kodok yang biasa jalan di Mall udah engap tiada tara. Akhirnya kami beristirahat (sering bener istirahat daripada sakit). Sepanjang perjalanan kami saling bantu satu sama lain, gue sendiri gak mau dibantu masalah ransel gue secara gue bawa selimut takut berat yekan. Akhirnya gue coba nguatin diri gue bawa ransel yang paling gede diantara 3 temen cewek gue.

Beberapa bocoran buat lo yang mau naek gunung, kalo lo merasa udah lamaaaa banget naik tapi kaga sampe-sampe plus banyak orang teriak 'puncaaaaakkk' atau 'dikit lagiiiiii' dan sebagainya, niscaya itu semua boong. Cuma buat penyemangat aja. Buktinya gue kemarin kayak gitu, udah semanget bener ternyata masih jaoooh sekitar 1 jam lagi. Hahaha Mampoooss akhirnya gue bongkar juga dah tuh.

Setelah jalan lamaaaaa bener ampe kaki gue rasanya udah kaga sanggup berpijak, akhirnya sampe juga di atas dan WOW rame benerrrr. Dalem ati gue "Buseeett ini gunung apa pengungsian? Rame bener"
Iya, sangking rame nya sampe hampir kaga kebagian tempat buat tenda. Tapi setelah nunggu yang lain pada nyari tempat akhirnya dapet juga kami untuk 3 tenda. Sambil menunggu gue bersyukur banget akhirnya nyampe juga di puncak, tapi disisi lain karna keadaan dingin banget gak karuan dan angin yang super kencang sampe badan gue yang cuma selembar ini kudu dibanduli jangkar (ini lebay) untungnya bisa nahan yekan.

Selesainya bikin tenda, kami masuk ke tenda masing-masing. Gue setenda sama ketiga temen gue (Yenni, Pipoy dan Ameng), kami makan bekal yang dibeli di kaki gunung sebelum naik, begitu pula dengan para cowok. Selepas itu kami tidur karena udah larut malam juga. Sepanjang malam gue gak bisa tidur karna takut kedinginan, gue terus mengatur suhu badan gue karena beneran dingiiiiiinnnnn. Nah yang nyebelin, syndrom kedinginan udah pasti kepengen pipis, kan? Disitu kadang gue merasa sebel, gue kepengen pipis akhirnya nanyain ke si Yeni yang masih juga belum tidur. Begini kira-kira percakapannya

Gue: Yen... Yennn (sedikit mendesah)
Yenni: Apaan, Teh? (mendesah juga)
Gue: Gue kebelet, pengen pipissss...
Yenni: Pipis aja teh di luar.
Gue: Di mananya yen? Di luar rame gitu
Yenni: Itu loh yang di depan, Teh. Kan gak di luar masih ada penghalang. Lo matiin lampunya biar gak keliatan. Cari debu yang banyak buat nutupin bekasnya/

Gue: Oke okeee... (Gue pikir debu buat cebok. yakali tayamum)

Akhirnya gue dengan rempongnya mempersiapkan tissue kering dan basah, air buat cebok dan plastik buat nyimpen tissue. Alhamdulillah ritual pipis kucing udah terlaksana dan bikin kantung kemih gue ini sedikit lega. Tapi ada hal yang nyebelin.
Gak lama kemudian si Yenni bilang "Teh, tadi gimana pipisnya?" 

laahhh? Gue bingung, dan jawab "Seperti yang lo bilang lah, bokis lo ah katanya lo udah pipis" 

Si Yenni jawab "Tadi sedikit teh, pengen lagi"

Ppppfffftttt ternyata si Yenni belum berhasil pipis malah gue yang dijadiin kelinci percobaan. Hahaha
Tapi kaga papa lah yang penting udah lega yekan. Eh anyway apa banget gak sih gue cerita beginian? Tapi kan penting juga buat lo yang baru mau mendaki.

Setelah semua ritual absurd semalam akhirnya pagi juga, kami pun bergegas bangun dan melihat keluar tenda menikmati sunrise dan awan yang indaaahhh.. Yeaaaaayyy kodok ada di atas awaaannnnnnn.... Jingkrak-jingkrak....

Ini dia beberapa foto yang berhasil gue abadikan di Gunung Andong

Yenny & Kodok

Ameng, Pipoy, Yenny & Gue

Oh iya Anyway sepertinya gunung andong habis kebakaran, jadi hitam gak ada tumbuhan padahal harusnya hijau kok. Cuma kebetulan aja nih pas lagi habis kebakaran. Semoga cepet hijau lagi deh ya. Aamiin

Selpih dulu di atas awan

Indah, kan?

Di belakang serem bener

Sama Yenni lageh

Seperti yang lo liat, gue emang tetep pake rok selama naik dan turun gunung. Tapi tetep pake celana panjang yang bebas gerak kok. Jadi gak takut kerepotan. Buat lo yang sukanya pake rok gak usah khawatir, all is well. 

Agaiiinn selpeh
Dari kiri belakang: Haidar, Munif, Hadi, Robi, Mas Waskito, Henry, Riki, Nata.
Depan (Team Cewek): Gue, Yenny, Pipoy, Ameng

Gue mau cerita masalah pas turun gunung, keadaan siang bikin gue melek dan ngeliat semua dari atas. Alhasil boro-boro seneng malah ketakutan, tiap kali ngelangkah gue takut jatoh gak bisa ngimbangin kaki gue. Akhirnya disaat yang lain pada duluan, lagi-lagi gue ketinggalan dan beberapa kali meluncur bebas karna terpeleset. Hahaha

Kami gak langsung balik, sehabis dari gunung kami langsung menuju curug biar fresh dikit lah. Gue lupa nama curugnya nanti gue update lagi pokoknya gak terlalu jauh dari kaki gunung andong.


Untung masih sepi


Last

Nah kalo udah bagi-bagi foto dan cerita, sekarang gue mau ngasih tips buat lo yang baru pertama kali naik gunung.

Tips Kodok:
  • Usahain kondisi lagi fit, jangan maksain berangkat kalo lagi sakit
  • Bawa barang jangan terlalu banyak, inget lo mau mendaki bukan minggat
  • Bawa obat-obatan kalo lo punya penyakit misal panuan, kudisan, dll
  • Jangan SOMBONG! Harus tetep rendah hati, segalanya bisa terjadi di sana
  • Ngomong jangan ngasal, daripada sompral mending banyakin berdoa
  • Saling bantu satu sama lain, inget kalian adalah keluarga
  • kalo lo lagi haid mendingan gak usah naik deh ya, ribet.


Taken: Andong, 12-13 September 2015

Sekian tips dari kodok dan cerita sensasi naek gunung andong, kalo ada tambahan boleh lah komen di box. Hehehe

Semoga bermanfaat yaks.

Salam Kodok,
muuaaccchhh 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar