Jumat, 11 November 2016

Sulitnya Menghargai Keputusan Orang Lain

Maukah Kamu Belajar Menghargai Keputusan Orang Lain?

Yang namanya idup yak kadang kalo ketemu ama orang kudu aja gitu lah sekedar basa-basi walaupun pada kenyataannya gue malah jadi sebel kalo ada orang yang basa-basi sama gue dengan melontarkan sebuah pertanyaan "Kapan kawin?", Yailaaahhh kimpoi lageeehhh ajeee yang dibahas. Auk amat ah

Basa-basi itu penting untuk memulai sebuah obrolan, tapi kenapa harus pertanyaan yang sensitif, sih? Seperti "Kapan nikah? / Kapan lulus? / Sekarang lagi 'sama' yang mana nih? dsb". Menurut gue basa-basi kayak gitu ya emang beneran basi. Kenapa sih gak dimulai dengan pertanyaan "Weh sendirian aja nih, nungguin siapa?" atau kalo lagi chatting nanya nya "Weh udah lama yes kaga ngobrol, pekabar lu? Lagi sibuk apa?" kek gitu kan lebih enak ketimbang nanya "Weh pekabar? Udah punya anak berape lu?" Buset disangka gue beranak tinggal dilepeh doang kali, boro anak lah calon aja belum punya.

Dari tulisan basa-basi gue di atas sebenernya mah nggak terlalu nyambung dengan pembahasan kali ini. Yep! Gue kepengen curhat mengenai "Sesulit apa sih kita menghargai keputusan orang lain?".
Aahhh seandainya saat ini gue tanya sama lo, pernah gak sih ngasih masukan pada saat temen lo udah ngambil suatu keputusan padahal lo gak pernah dimintai pendapat, pernah?


Oke... Gini... Gini...
Jadi misal nih yak gue saat ini lebih menginginkan menjadi pedagang pada saat gue kelar kuliah, ketimbang kudu ngelamar kerja kesana kemari. Nah banyak banget yang pada bilang ke gue "Jualan itu hasilnya belum pasti loh" atau "Kuliah bayar mahal cuma jadi pedagang? Kalo menurut gue sih mending bla bla bla", atau bahkan hanya sekedar bilang "Buset, lu kaga mandi? Ish kalo gue sih gak betah bla bla bla". Selalu nyelipin pendapat diri lo sendiri kepada orang lain padahal orang lain gak minta pendapat lo, pernah? Kalo pernah, silahkan ketuk jidat lu sambil bilang "heh, orang juga punya jalan hidup masing-masing, jangan soktoy lagi yes".

Udah paham? Kalo udah, mari kita lanjut ngobrolin betapa sulitnya menghargai keputusan orang lain.
Jadi sebenernya gue udah muak dengan pertanyaan mengenai 'Nikah', berhubung gue emang belum ngebet banget nikah karena satu dan lain hal maka walaupun sebenernya gue gak peduli dengan pertanyaan orang kepada gue mengenai 'Nikah' tapi kadang gue jadi mikir "Buset, segitu pentingnya kah pernikahan gue bagi orang lain?". Padahal mereka gak pernah tau alasan gue kenapa nunda nikah, kenapa gue milih santai dulu ketimbang yang ngebet nikah karena temen seumuran gue beberapa ada yang udah nikah.

Dalam kehidupan pasti manusia punya perioritas hidupnya masing-masing, termasuk gue yang memilih 'sendiri' dulu ketimbang nikah, bukan karena gue gak pengen nikah ya sama sekali bukan. Tetapi ya karna itu tadi, gue juga punya perioritas dalam hidup gue. Apa yang harus gue dahulukan, kenapa gue pilih 'sendiri' dulu, dan gue rasa gak penting juga untuk ngejelasin alasan tersebut kepada orang lain. Kenapa? Ya karna itu tadi, orang lain itu gak bisa semuanya menghargai keputusan gue. Jadi percuma jelasin panjang lebar karna pasti mereka punya sudut pandang yang berbeda.

Oh ya, perkara ini sama hal nya dengan keputusan gue lebih memilih jadi pedagang daripada jadi wanita karir. Orang lain menganggap remeh pekerjaan gue saat ini. Yaa emang sih gue belum bisa kebeli apa-apa, dan gue pun gak punya apa apa. Tapi menurut gue, apa perlu gue mamerin semua yang gue punya ke orang lain? Ke mereka yang selalu mencemooh kerjaan gue? Perlu kah? Menurut gue sih nggak ya, karna gak ada untungnya juga buat mereka. Ini hidup gue, pun yang nikmatin itu ya diri gue sendiri bukan mereka. Jadi ya gue fikir lagi kenapa gue harus memamerkan apa yang gue dapatkan ini ke mereka?

Gais... Nggak ada kalimat "menurut gue, lo lebih baik bla bla bla" dalam hidup gue. Karena ini adalah hidup gue, bukan hidup lo. Yang ngejalanin juga gue, bukan lo. Gue pun beranggapan terlalu sulit untuk menghargai keputusan orang lain, tapi setelah difikir lagi ya kenapa sih gue harus mencampuri keputusan orang lain? Terlalu peduli atau terlalu gak ada kerjaan?

Misalnya ya... Saat lo udah lulus kuliah kemudian memilih menjadi tenaga pengajar alih alih lo ingin berbagi ilmu, padahal lo udah ditawarin kerja sebagai Direktur utama sebuah perusahaan benefit. Apakah gue akan bilang lo itu bodoh? NGGAK! Nggak sama sekali, karena gue fikir pasti lo udah mikirin banget sebelum ambil keputusan. Iya kan?

Gue mau ngajak lo flashback ke masalalu, coba inget-inget deh berapa banyak keputusan yang udah lo ambil selama hidup? Pasti banyak kan? Ntah itu ambil jurusan kuliah, pake baju apa hari ini, ngerjain tugas atau nggak, bahkan lo lebih milih kentut di depan temen lo daripada nahan kentut juga pasti ada alasannya, kan? Itu lah yang gue maksud, semua orang pasti punya alasan untuk memilih suatu pilihan. So, menurut gue kita sebagai orang lain kayaknya gak usah repot-repot kasih masukan kalo gak dimintain pendapat.


Cuss ah mulai sekarang mah belajar buat menghargai keputusan orang lain, inget yaa kita harus bisa bedain keputusan tentang pelajaran kelompok di kampus/sekolah dengan urusan orang lain. Punya pendapat sih boleh-boleh aja, cuma kalo udah menyinggung perkara urusan pribadi orang lain sepertinya harus mulai belajar menerima keputusan yang orang lain ambil deh karena kan bukan urusan kita juga untuk terlalu ikut campur.

Dibalik orang yang gak pernah bisa sering kumpul di kampus sekedar ngobrol, mungkin mereka memiliki kepentingan di luar kampus yang lebih penting. Dibalik orang yang memilih jadi ibu rumah tangga padahal memiliki ijazah S2, mungkin mereka ingin lebih dekat dengan anaknya. Dibalik orang yang jarang mandi kayak gue, mungkin mereka sama dengan gue memiliki alergi dingin.

Dan masih banyak seabrek alasan lainnya yang mempengaruhi kenapa orang lain mengambil keputusan tersebut. Kita gak pernah berada diatas 'sepatu' yang orang lain kenakan, maka dari itu kita gak pernah tau langkah apa yang sudah/sedang mereka ambil. Dari situ kita belajar, kita sama sekali gak pernah ada diposisi yang sama dengan siapapun termasuk dengan kembaran kita sendiri pasti memiliki tujuan dan keputusan hidup masing-masing ^_^

Misalnya ada temen gue yang memilih menikah dengan seorang yang bekas 'pemakai' dan keluaran bui. Gue gak akan banyak bicara dan gak akan memberikan pendapat karena gak diminta.

Gue cukup bilang "Oh.. Yaudah, selamat yaa. Gue doain yang terbaik buat lu"

Sesimpel itu menurut gue yaa...
Sekali lagi, menurut gue jangan pernah ngutarain pendapat kalo gak ditanya.
Kalo orang lain lagi curhat ya cukup dengerin aja, kecuali diminta pendapat harus gimana ya baru deh ngutarain pendapatnya. Ok?

Jangan pernah nimbulin perdebatan yang gak seharusnya diperdebatkan. Yaa istilah kasarnya mah gak usah ngeributin pepesan kosong. Gak ada gunanya. Hehe

Segitu aja dulu kayaknya, soalnya gue juga udah mulai ngantuk.
Semoga bermanfaat yaa.

Salam,
Kodok 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar